Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar
Vol 9 No 2 (2025)

Analisis Kecerdasan Interpersonal dalam Aktivitas Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Sekolah dasar

Mukti, Hartati (Unknown)
Perdana, Dayu Rika (Unknown)
Nuraini, Siti (Unknown)
Rapani, Rapani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis kecerdasan interpersonal dalam kegiatan kelompok pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk siswa sekolah dasar kelas IV. Kecerdasan interpersonal berperan penting dalam meningkatkan interaksi sosial dan efektivitas pembelajaran berbasis kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian siswa mengalami kesulitan dalam berkomunikasi secara efektif. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal meliputi pola asuh, lingkungan sekolah, dan interaksi dengan teman sebaya. Berdasarkan temuan tersebut, strategi pembelajaran kolaboratif dan diskusi kelompok direkomendasikan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dalam konteks Pendidikan Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

autentik

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Autentik is a journal published by Elementary School Teacher Education (PGSD), STKIP PGRI Sumenep. This Journal aimed as media communications and informations around teaching practice and elementary education implementations from various ...