Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas perangkat pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terintegrasi STEM berbasis kearifan lokal Kelintang Jolo untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi gelombang bunyi. Menggunakan desain quasi experiment nonequivalent control group pada siswa kelas XI SMAN 6 Kota Jambi, data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar awal dan akhir dari kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji normalitas menunjukkan seluruh data terdistribusi normal dengan nilai signifikansi >0,05. Uji homogenitas menunjukkan data angket awal dan akhir homogen dengan nilai signifikansi masing-masing 0,319 dan 0,087. Hasil uji t berpasangan pada kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dengan perbedaan rata-rata -14,286 antara pengukuran awal dan akhir, sementara kelas kontrol juga menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dengan perbedaan rata-rata -11,47. Perbandingan peningkatan motivasi belajar antara kelas eksperimen membuktikan bahwa implementasi perangkat pembelajaran PBL terintegrasi STEM berbasis kearifan lokal lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2025