Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika
Vol. 13 No. 1: June 2025

Analisis Perbandingan Akun Belajar Fisika di Instagram sebagai Media Pembelajaran

Uskenat, Kristina (Unknown)
Putra, Don Jaya (Unknown)
Reski, Andi (Unknown)
Yuliatun, Tutik (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Pendidikan mengalami perubahan seiring perkembangan teknologi dan informasi. Perubahan tersebut terjadi dalam pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran. Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran, dilihat dari banyaknya akun edukasi yang muncul. Fisika merupakan salah satu subjek pembelajaran yang dipelajari di Pendidikan menengah dan Pendidikan tinggi. Penggunaan akun edukasi instagram dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif dan membantu pembelajar lebih mudah memahami materi. Meskipun demikian, belum terdapat penelitian yang mengkaji tentang tentang efektivitas akun edukasi fisika yang tersedia. Masing-masing akun belajar fisika di Instagram memiliki bentuk edukasi, visualisasi, gaya Bahasa yang berbeda-beda. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis perbandingan terhadap  akun edukasi fisika di Instagram untuk melihat potensi pemanfaatannya sebagai media pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi metode analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat akun memiliki engagement rate (ER) tertinggi dengan nilai ER 53.2. Temuan ini merekomendasikan akun edukasi fisika tertentu untuk pembelajaran fisika berbasis teori atau aplikasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Lensa

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Environmental Science Physics

Description

Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika (J-LKF) published by the Physics Education Study Program UNDIKMA. J-LKF publishes every 6 months including the study of science and education in the field of physics specifically and natural and applied sciences in ...