Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam penguatan karakter peserta didik di MA An-Nashr, Garut. Pendidikan Agama Islam memiliki peran ganda: di satu sisi sebagai instrumen peningkatan pemahaman keagamaan, dan di sisi lain sebagai sarana pembentukan karakter mulia yang menjadi fondasi kehidupan sosial peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru PAI, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan kurikulum 2013 pada pembelajaran akidah akhlak di MA An-Nashr meliputi keteladanan, pembiasaan, kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Strategi tersebut diintegrasikan secara menyeluruh dalam pembelajaran dan aktivitas madrasah. Penguatan karakter peserta didik difokuskan pada nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Tantangan yang dihadapi antara lain rendahnya motivasi belajar, beban administrasi guru, serta pengaruh negatif teknologi digital. Kesimpulannya, strategi pengembangan kurikulum PAI di MA An-Nashr berkontribusi signifikan dalam membentuk karakter peserta didik, meskipun memerlukan dukungan lebih luas dari guru, orang tua, dan masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025