Perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan membuka peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui analisis data pendidikan atau Educational Data Analytics (EDA). Namun, pemahaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan EDA masih terbatas. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan mengenalkan konsep dasar dan potensi pemanfaatan EDA kepada guru-guru SMP di Kecamatan Gununghalu, Jawa Barat. Metode kegiatan berupa sosialisasi dan pelatihan dasar secara interaktif dengan pendekatan pemaparan teori, demonstrasi alat analitik sederhana, dan diskusi terbuka. Kegiatan ini diikuti oleh 42 guru SMP yang menunjukkan antusiasme tinggi selama pelatihan berlangsung. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru mulai memahami pentingnya EDA sebagai dasar pengambilan keputusan pembelajaran berbasis data. Meskipun masih pada tahap pengenalan, peserta telah menunjukkan ketertarikan untuk mengintegrasikan EDA dalam praktik mengajar peserta. Dapat disimpulkan bahwa tahap awal pengenalan konsep EDA efektif dalam membangun kesadaran guru tentang pentingnya analisis data pendidikan, sehingga perlu ditindaklanjuti dengan pelatihan lanjutan yang lebih intensif dan praktis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025