Penelitian bertujuan dalam mengembangkan LKPD berdiferensiasi berbasis berkebhinekaan global di materi nilai-nilai Pancasila untuk siswa kelas V SD. Tahap mengembangkan produk dilakukan menggunakan model ADDIE. Analisis kebutuhan menjelaskan yakni guru serta siswa dibutuhkannya LKPD yang menarik, inovatif, serta dapat mengakomodasi perbedaan cara masing-masing siswa dalam belajar, seperti (visual, auditori, dan kinestetik). LKPD yang dikembangkan digunakan aplikasi Canva untuk menghasilkan tampilan yang interaktif dan mudah digunakan. Produk LKPD kemudian oleh ahli materi, media, maupun bahasa kemudian uji validitas, dan diuji kepraktisannya dari guru dan siswa. Diperoleh bahwa tingkat validitas yakni sangat tinggi melalui nilai Aiken V masing-masing 0,93 (materi), 0,90 (media), dan 0,88 (bahasa). Uji kepraktisan juga menjelaskan bahwa LKPD ini dapat digunakan dengan mudah dan efektif untuk mendukung proses belajar nilai-nilai Pancasila. Dengan demikian, LKPD berdiferensiasi berbasis berkebhinekaan global ini layak digunakan sebagai bahan ajar inovatif dalan peningkatan pengetahuan memahami serta karakter siswa pada hal pembelajaran Pancasila di instansi dasar.
Copyrights © 2025