Walada: Journal of Primary Education
Vol. 4 No. 2 (2025): IN PROGRESS

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN GENIALLY BERBASIS CERITA RAKYAT BALI UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Gede Susila (Unknown)
Made Adi Nugraha Tristaningrat (Unknown)
I Ketut Ngurah Ardiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Gugus VIII Kecamatan Sawan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu 2 orang ahli instrumen, 9 judges validator sebagai ahli media, ahli bahasa, ahli media, 3 orang guru mata pelajaran serta 45 orang siswa kelas IV. Hasil dari penelitian ini yakni: 1) Media interaktif berbantuan Genially merupakan media pembelajaran bahasa Indonesia yang dikembangkan dalam website Genially, yang mengintegrasikan unsur kearifan lokal Bali, khususnya melalui cerita rakyat Bali. 2) Tingkat kevalidan media interaktif berbantuan Genially berada pada kualifikasi sangat tinggi yaitu validitas materi, media, dan bahasa sebesar 0,9. 3) Pada tahap uji kepraktisan rata-rata nilai yang diperoleh dari guru sebesar 95% dan peserta didik adalah 94%. Dengan demikian, media interaktif berbantuan Genially ini direkomendasikan sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...