Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Analisis Implementasi Media Powerpoint dalam Mendorong Partisipasi dan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Binjai

Satria, Bagas (Unknown)
Ginting, Nurman (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memanfaatkan media PowerPoint, menelaah persepsi siswa, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat penggunaannya dalam pembelajaran di SMK Negeri 1 Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memanfaatkan PowerPoint tidak hanya sebagai media presentasi, tetapi juga sebagai strategi pedagogis integral dengan mengombinasikan teks, gambar, animasi, warna, dan video. Pemanfaatan ini terbukti membantu menjelaskan konsep abstrak, meningkatkan motivasi, serta menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan kolaboratif. Persepsi siswa terhadap PowerPoint sangat positif, di mana media ini dianggap mampu memperjelas materi, menarik perhatian, dan mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung utama meliputi fasilitas sekolah yang memadai, keterampilan guru, dan dukungan kurikulum, sedangkan hambatan mencakup keterbatasan desain slide, waktu pembelajaran, dan variasi motivasi siswa. Kesimpulannya, PowerPoint berfungsi efektif apabila didukung prinsip desain multimedia yang tepat serta dikombinasikan dengan metode pembelajaran aktif. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan berkelanjutan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan desain media ajar, sehingga PowerPoint dapat dimanfaatkan sebagai instrumen pedagogis strategis dalam meningkatkan partisipasi, kreativitas, dan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...