Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 10 Mataram

Asmawati (Unknown)
Ida Ermiana (Unknown)
Laeli Murod Solehani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN 10 Mataram pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning atau PBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa kelas 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus, terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pre-test dan post-test. Pada tahap pra-siklus, rata-rata nilai siswa adalah 63,2 dengan 40% siswa mencapai KKM. Nilai rata-rata meningkat menjadi 74,5 pada siklus I dan 85,3 pada siklus II. Selain itu, model PBL juga meningkatkan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...