Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) berbasis inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Jerowaru. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan STEAM berbasis inkuiri dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kelompok eksperimen maupun kontrol mengalami peningkatan hasil belajar. Namun, meskipun rata-rata gain kelompok eksperimen (22,31) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (18,65). peningkatan rata-rata yang lebih tinggi di kelas eksperimen tetap menunjukkan indikasi positif bahwa pendekatan STEAM berbasis inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) dierima yang menyatakan adanya pengaruh pendekatan STEAM berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025