Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 5 No 1 (2025): Volume 5, Nomor 1 Tahun 2025

Mengenal Cara Belajar Anak Implikasinya terhadap Hasil Evaluasi Sumatif di Sekolah dasar

Farawita, Ria (Unknown)
Lidya, Salma (Unknown)
Jany Kalukar, Ventje (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dan hasil asesmen sumatif siswa kelas V di SDN 006 Malinau Utara. Gaya belajar merupakan pendekatan unik yang dimiliki setiap individu dalam menerima, memproses, dan mengorganisasi informasi, sedangkan asesmen sumatif digunakan untuk mengevaluasi pencapaian hasil belajar secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan melibatkan 30 siswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui angket gaya belajar VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik) serta nilai akhir semester genap tahun ajaran 2024/2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan hasil asesmen sumatif. Siswa dengan gaya belajar kinestetik cenderung memperoleh nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa bergaya belajar lainnya. Temuan ini mengindikasikan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa untuk meningkatkan efektivitas dan hasil belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...