Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 5 (2025): September 2025 - Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Implementasi Ujian Berbasis Komputer dengan Skema VLAN untuk Menjamin Kualitas dan Keamanan Ujian di Lingkungan Pendidikan

Herlianto, Hemdani Rahendra (Unknown)
Kamalia, Antika Zahrotil (Unknown)
Srianita, Yossi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong penerapan Computer-Based Test (CBT) di sekolah sebagai bentuk inovasi evaluasi pembelajaran. Namun, implementasinya masih terkendala jaringan yang tidak stabil, keamanan yang lemah, serta keterbatasan infrastruktur. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi dengan menerapkan jaringan berbasis Virtual Local Area Network (VLAN) menggunakan perangkat Mikrotik dan switch manageable. Metode yang digunakan adalah model Waterfall melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, serta pendampingan. Hasil pengujian menunjukkan sistem jaringan berbasis VLAN mampu menjaga stabilitas koneksi, menekan potensi kecurangan, dan meningkatkan efisiensi pengelolaan. Guru dan siswa merasakan kemudahan penggunaan CBT, sementara staf IT memperoleh manfaat dari kemudahan monitoring serta troubleshooting. Dengan demikian, penerapan VLAN terbukti efektif mendukung pelaksanaan CBT yang aman, stabil, dan efisien, sekaligus meningkatkan kapasitas teknis sekolah dalam pengelolaan jaringan pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

altifani

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah publikasi dalam bentuk artikel pengabdian kepada masyarakat. Altifani diterbitkan tiga kali dalam satu tahun, Januari, Mei dan September, mencakup pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi hasil penerapan kegiatan ...