Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Abdimas Berdaya

Pelatihan Pemanfaatan Augmented Reality untuk Meningkatkan Minat Baca pada Peserta didik Fase B di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

Susanto, Moh Arif (Unknown)
., Parmin (Unknown)
Dian Savitri, Agusniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2025

Abstract

Rendahnya literasi membaca peserta didik di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) menjadi permasalahan utama yang berdampak pada kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Berdasarkan rapor pendidikan dan keluhan pendidik, ditemukan bahwa kurangnya minat baca dan tidak tepatnya media pembelajaran menjadi faktor penyebab utama. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik dengan pendekatan teknologi pembelajaran berbasis augmented reality (AR). Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahap: persiapan, pelatihan, dan evaluasi, melibatkan peserta didik sekolah dasar di SIKL selama tiga bulan. AR digunakan sebagai media visual interaktif untuk menampilkan materi bacaan secara imersif dan multimodal. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan AR mampu meningkatkan motivasi membaca, pemahaman bacaan, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan. Evaluasi menunjukkan 78% peserta didik mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman membaca. Selain itu, pendidik juga mampu menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif dan aktif. Kolaborasi antara pengembang media, pendidik, dan institusi pendidikan menjadi faktor penting dalam keberhasilan program. Program ini menunjukkan potensi teknologi sebagai solusi transformatif dalam pendidikan literasi serta dapat direplikasi pada konteks serupa.

Copyrights © 2025