AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Vol 2, No 1 (2025): Juni 2025

Pengaruh Discovery Learnig Terhadap Kreativitas Siswa Agama Buddha SMA Bhakti Karya Kaloran 2024/2025

Yullandani, Sakia (Unknown)
Kabri, Kabri (Unknown)
Praptiyono, Kabul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kreativitas siswa agama Buddha di SMA Bhakti Karya Kaloran tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata penggunaan model Discovery Learning adalah 21,98 (kategori cukup) dengan persentase 66,92%, dan skor kreativitas siswa adalah 35,23 (kategori cukup) dengan persentase 60%. Uji-t menunjukkan nilai sebesar 6,952 dengan signifikansi 0,000 (α 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara Discovery Learning dan kreativitas siswa. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,502 mengindikasikan bahwa 50,2% variasi kreativitas siswa dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran Discovery Learning.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ar-rumman

Publisher

Subject

Education

Description

AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk ...