Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui media permainan kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 101660 Bahal. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian Tindakan KelasĀ atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang memaparkan sebab-akibat dari perlakuan, sekaligus memaparkan apa saja yang terjadi ketika perlakuan diberikan dan memaparkan seluruh proses sejak awal pemberian perlakuan sapai dengan dampak dari perlakuan tersebut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil tes pembelajaran menunjukkan bahwa pada pra-siklus hanya 16% siswa yang tuntas. Pada siklus I terjadi peningkatan bertahap dari pertemuan I (32%), pertemuan II (40%), hingga pertemuan III (48%), namun belum mencapai indikator keberhasilan 90%. Pada siklus II, ketuntasan meningkat signifikan dari pertemuan I (72%), pertemuan II (80%), hingga pertemuan III (92%), sehingga pembelajaran dihentikan karena indikator keberhasilan telah tercapai. Kata kunci: Hasil Belajar, Permainan, Kartu Bilangan
Copyrights © 2024