AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Vol 2, No 1 (2025): Juni 2025

Dramaturgi Profesi Barista Tangkelekopi dan Serotonin Pekanbaru

Gibran, Muhammad Khalil (Unknown)
Sidiq, Rd Siti Sofro (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis profesi barista melalui perspektif dramaturgi Erving Goffman, dengan fokus pada cara barista membangun citra diri (front stage) saat bekerja dan menggambarkan kehidupan pribadi mereka (back stage) dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Studi ini dilakukan di dua kedai kopi di Pekanbaru, yakni Tangkelekopi dan Serotonin. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengandalkan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa barista secara aktif membentuk personal branding dan citra profesional melalui penampilan, sikap ramah, serta komunikasi yang efektif dengan konsumen. Di balik layar, para barista menghadapi tantangan dalam memenuhi kebutuhan hidup akibat penghasilan yang belum seimbang dengan gaya hidup atau beban kerja. Penelitian ini menyimpulkan bahwa profesi barista tidak hanya menuntut keterampilan teknis, tetapi juga kemampuan memainkan peran sosial secara sadar di hadapan publik untuk membentuk impresi positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ar-rumman

Publisher

Subject

Education

Description

AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk ...