Jurnal Wahana Pendidikan
Vol 12, No 2 (2025): Agustus 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Sukartini, Ni Putu (Unknown)
Atmadja, Nengah Bawa (Unknown)
Lisna Handayani, Ni Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitia$n ini bertu$ju$a$n u$ntu$k mengeta$hu$i perbeda$a$n penga$ru$h a$nta$ra$ model pembela$ja$ra$n berba$sis ma$sa$la$h terha$da$p kema$mpu$a$n berpikir kritis ma$tema$tika$ pa$da$ siswa. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain post test only control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis. Su$bjek penelitia$n meliba$tka$n siswa$ kela$s IV da$ri Gu$gu$s III Keca$ma$ta$n Ku$bu$ta$mba$ha$n. Seba$nya$k 30 siswa$ da$ri SD Negeri 1 Bengka$la$ da$n SD Negeri 2 Bengka$la$ berpera$n seba$ga$i kelompok eksperimen, sementa$ra$ 29 siswa$ da$ri SD Negeri 1 Bila$ da$n SD Negeri 2 Bila$ berpera$n seba$ga$i kelompok kontrol. Penelitia$n ini menggu$na$ka$n desa$in ku$a$ntita$tif denga$n pendeka$ta$n post test only control grou$p design. Seba$ga$i a$la$t u$ku$r, tes kema$mpu$a$n berpikir kritis ma$tema$tika$ diberika$n setela$h penera$pa$n model pembela$ja$ra$n berba$sis ma$sa$la$h da$n model konvensiona$l. A$na$lisis da$ta$ dila$ku$ka$n menggu$na$ka$n sta$tistik deskriptif. U$ntu$k mengu$ji norma$lita$s, digu$na$ka$n Kolmogorov-Smirnov Test, seda$ngka$n u$ji homogenita$s dila$ku$ka$n mela$lu$i Va$ria$nce Homogeneity Test. U$ji A$NOVA$ digu$na$ka$n u$ntu$k menga$na$lisis signifika$nsi sta$tistik denga$n menggu$na$ka$n pera$ngka$t lu$na$k SPSS versi 29.0 for MA$C. Ha$sil penelitia$n menu$nju$kka$n nila$i F = 181,360 da$n nila$i signifika$nsi du$a$ sisi (2-ta$iled) lebih kecil da$ri 0,05, ya$ng menu$nju$kka$n a$da$nya$ perbeda$a$n signifika$n da$la$m kema$mpu$a$n berpikir kritis ma$tema$tika$ a$nta$ra$ kela$s ya$ng menggu$na$ka$n model pembela$ja$ra$n berba$sis ma$sa$la$h da$n kela$s ya$ng menggu$na$ka$n pembela$ja$ra$n konvensiona$l di kela$s IV Gu$gu$s III Keca$ma$ta$n Ku$bu$ta$mba$ha$n.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jwp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara ...