Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Hubungan Environmental, Social, Governance (ESG) dengan Kinerja Perusahaan: Kajian Literatur Sistematis

Fathoni, Farkhan Al (Unknown)
Nugrahanti, Trinandari Prasetya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2025

Abstract

Perhatian yang semakin besar terhadap Environmental, Social, and Governance (ESG) menegaskan perannya yang strategis dalam meningkatkan nilai perusahaan, memperbaiki kinerja keuangan, serta mengurangi risiko. Namun demikian, bukti empiris mengenai efektivitas ESG masih terfragmentasi lintas konteks, industri, dan pengaturan regulasi. Penelitian ini melakukan Systematic Literature Review (SLR) dengan panduan PRISMA untuk mensintesis temuan dari berbagai studi internasional dan Indonesia terkait hubungan antara praktik ESG dan kinerja perusahaan. Hasil menunjukkan bahwa ESG berkontribusi positif terhadap nilai perusahaan, reputasi, serta manajemen risiko, meskipun efektivitasnya dipengaruhi oleh faktor internal seperti ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur kepemilikan, dan keragaman gender, serta faktor eksternal berupa regulasi dan tekanan investor institusional. Selain itu, ESG menunjukkan dampak yang heterogen pada situasi krisis, di mana efek reputasi dan proteksi lebih kuat dirasakan oleh perusahaan dengan kondisi awal yang lebih lemah. Temuan ini menegaskan bahwa ESG bukan sekadar kewajiban etis, melainkan investasi strategis yang mampu menciptakan nilai jangka panjang bagi pemegang saham sekaligus memperkuat resiliensi perusahaan. Studi ini memperkaya literatur dengan mengintegrasikan wawasan lintas negara dan faktor kontekstual, serta menawarkan implikasi praktis bagi perusahaan dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi keberlanjutan yang lebih komprehensif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...