Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Dalam Mendukung Pelayanan Publik Di Desa Lamatti Riaja

Hardianto, Hardianto (Unknown)
Syamsuddin, Syamsuddin (Unknown)
Sani, Kiki Rasmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam mendukung pelayanan publik di Desa Lamatti Riaja, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai. Fokus kajian diarahkan pada implementasi lima peran utama KIM sesuai dengan Peraturan Bupati Sinjai Nomor 27 Tahun 2018, yaitu sebagai fasilitator masyarakat, mitra pemerintah daerah, penyerap dan penyalur aspirasi masyarakat, pelancar arus informasi, serta terminal informasi desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, teknik analisi data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Informan penelitian terdiri dari pengurus KIM, kepala desa, sekretaris desa, ketua BPD, masyarakat, dan Dinas Kominfo Kabupaten Sinjai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KIM Desa Lamatti Riaja telah berperan aktif dalam mendukung penyebaran informasi dan pelayanan publik, seperti menyampaikan informasi kebijakan desa, menyebarkan program pemerintah, hingga memfasilitasi keluhan dan aspirasi warga. Efektivitas peran KIM masih menghadapi beberapa kendala, seperti rendahnya literasi digital masyarakat, keterbatasan akses jaringan di dusun-dusun tertentu, kurangnya keterlibatan anggota KIM, serta belum optimalnya pemanfaatan media digital. Pemerintah desa dan Dinas Kominfo telah memberikan dukungan melalui fasilitas teknologi dan pendampingan, namun pembinaan dan penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia Kelompok Informasi Masyarakat masih perlu ditingkatkan. Informasi dan berbagai kegiatan di desa pada umumnya hanya diketahui oleh perangkat desa, BPD, dan tokoh masyarakat. Namun, masyarakat yang tinggal di wilayah dusun atau area yang jauh dari kantor desa seringkali tertinggal dalam mengakses informasi dari pemerintah desa maupun dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi ilmiah bagi mahasiswa, peneliti, maupun pihak-pihak yang memiliki ketertarikan terhadap isu serupa. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan penguatan bagi KIM dan pemerintah desa Lamatti Riaja dalam meningkatkan efektivitas penyebaran informasi dan kualitas pelayanan publik ke depannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...