Kode : Jurnal Bahasa
Vol. 14 No. 3 (2025): Kode: Edisi September 2025

Komunikasi Instruksional dalam Pelatihan Produksi Konten TikTok di Fira Modeling Disabilitas

Carreca, Irhamna Nirbhaya (Unknown)
Prabayanti, Herma Retno (Unknown)
Nabilah, Putri Shofi (Unknown)
Aisyah, Ramadhani Nur (Unknown)
Erfianah, Milani Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Komunikasi memegang peranan penting dalam mencapai pembelajaran yang ideal, termasuk dalam kegiatan pembelajaran bagi ABK. ABK sering kali menghadapi kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi, terutama ketika berinteraksi dengan kelompok individu yang beragam di masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi instruksional yang diterapkan dalam pelatihan produksi konten TikTok di Fira Modeling Disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk memahami komunikasi instruksional yang terjadi dalam Pelatihan Produksi Konten TikTok untuk Disabilitas, yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya dengan Fira Modeling Disabilitas sebagai komunitas disabilitas yang heterogen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Berfokus pada proses komunikasi instruksional oleh Hart, Scott, dan McCruskey, yang terbagi menjadi 5 proses instruksional: 1) Menentukan isi dan tujuan instruksional; 2) Mengidentifikasi perilaku awal; 3) Menetapkan strategi instruksional; 4) Mengatur unit instruksional; dan 5) Umpan balik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi instruksional dalam Pelatihan Produksi Konten TikTok di Fira Modeling Disabilitas terlaksana dengan baik, meskipun tidak banyak melibatkan kelompok reguler dalam interaksi teman sebaya. Komunikasi instruksional berjalan optimal dengan menerapkan metode ceramah, diskusi, dan praktik langsung. Media pembelajaran yang digunakan adalah buku saku, powerpoint, dan audiovisual sebagai sarana interaksi antara siswa dan pengajar. Kata Kunci: Komunikasi Instruksional; Disabilitas; TikTok

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...