Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Persepsi Orang Tua terhadap Pembelajaran Calistung dengan Menggunakan Metode Flash Card di KB Tanbihul Ghofilin Cibatu Garut

Ipah, Adah (Unknown)
Yenita, Roza (Unknown)
Suhardjo, Sudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2025

Abstract

Anak Usia Dini adalah seorang anak yang sedang mengalami proses perkembangan yang sangat pesat untuk kehidupan selanjutnya. Anak Usia Dini juga memiliki masa keemasan yang sering juga disebut “golden age” sebab pada masa ini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat sehingga rangsangan-rangsangan sangat dibutuhkan untuk memupuk pertumbuhan dan perkembangannya.. Upaya yang dilakukan oleh Lembaga PAUD dalam menyikapi kekhawatiran orang tua terhadap penguasaan Calistung bagi anaknya, khususnya di KB Tanbihul Ghofilin dengan menggunakan Metode Flash Card. Nama Flash Card mungkin masih asing terdengar di kalangan orang tua, Flash Card adalah salah satu alat pembelajaran yang berbentuk kartu bergambar yang sangat berguna untuk mendorong minat anak dalam mengembangkan kemampuan dalam menguasai pembelajaran membaca, menulis dan berhitung. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui persepsi orang tua terhadap pembelajaran Calistung di KB Tanbihul Ghofilin Cibatu-Garut dengan menggunakan metode Flash Card. Metode Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif Yaitu penelitian yang tertuju pada pemecahan masalah yang terjadi di KB Tanbihul Ghofilin. Dan peneliti juga menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu lebih menekankan analisisnya pada pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa orang tua di KB Tanbihul Ghofilin mempunyai persepsi yang tinggi terhadap pembelajaran Calistung, yaitu anak yang lulus dari PAUD harus sudah bisa Calistung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...