Kode : Jurnal Bahasa
Vol. 14 No. 3 (2025): Kode: Edisi September 2025

DESIGN THINKING BERBANTUAN SMART BOX PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO DI SMP

Fitriani, Desy (Unknown)
Pratiwi, Wienike Dinar (Unknown)
Suntoko (Unknown)
Mauludani, Seli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode design thinking berbantuan media smart box dapat meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Caringin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen, yang membandingkan dua kelompok yang dipilih secara tidak acak. Semua siswa kelas VIII masuk kedalam populasi penelitian. Sampel dipilih secara sengaja (purposive sampling), yaitu kelas VIII-9 sebagai kelompok eksperimen (32 siswa) dan VIII-10 sebagai kelompok kontrol (32 siswa). Data dikumpulkan melalui tes awal (pretest), tes akhir (posttest), dan observasi. Hasil uji statistik dengan independent t-test menunjukkan nilai signifikansi <0,001, lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Selain itu, uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis teks pidato dengan nilai N-Gain sebesar 0,68 setelah penerapan metode design thinking berbantuan smart box. Kata Kunci: Design thinking, smart box, kemampuan menulis, pidato

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...