Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pembentukan individu yang berkualitas di tengah-tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya menanamkan pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan pada siswa SD Negeri 101770. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kurikulum pendidikan kewarganegaraan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan di SD Negeri 101770 telah memberikan kontribusi positif dalam menanamkan pendidikan karakter pada siswa. Melalui pembelajaran tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, toleransi, keberagaman, dan partisipasi aktif dalam kegiatan sosial, siswa mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya memiliki karakter yang baik dalam kehidupan bermasyarakat.Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor pendukung dan hambatan dalam implementasi pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan. Faktor pendukung meliputi komitmen guru, dukungan sekolah, dan ketersediaan sumber daya. Sementara itu, hambatan utamanya adalah kurangnya waktu pembelajaran yang cukup untuk menangani semua aspek pendidikan karakter.Kesimpulannya, pendidikan kewarganegaraan di SD Negeri 101770 telah berhasil menjadi wahana efektif dalam menanamkan pendidikan karakter pada siswa. Namun demikian, masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk mengoptimalkan implementasi pendidikan karakter agar mencapai hasil yang lebih baik di masa mendatang.
Copyrights © 2024