Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JHP2M)
Vol. 4 No. 2 (2025): Volume 04 Nomor 02 (Oktober 2025)

Peningkatan Nilai Tambah Ikan Kembung melalui Produksi Fillet Beku Siap Saji bagi Nelayan dan UMKM Pesisir

Hasan, Hurriah Ali (Unknown)
S., Masnawaty (Unknown)
Reni, Andi (Unknown)
Haerani, Haerani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah ikan kembung (Rastrelliger spp.) melalui produksi fillet beku siap saji di Desa Mattiro Tasi, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang. Pelatihan teknis dan pendampingan diberikan kepada nelayan dan ibu rumah tangga guna meningkatkan keterampilan dalam pengolahan, penyimpanan, dan pemasaran produk. Melalui pelatihan teknis dan pendampingan, masyarakat dibekali keterampilan dalam proses pemilahan, pemotongan, dan pembekuan ikan kembung untuk menghasilkan produk bernilai jual tinggi. Pelaksanaan kegiatan oleh tim dari Alumni Pendoktoran Luar Negeri Provinsi Sulawesi Selatan ini diharapkan dapat mendorong terbentuknya unit usaha kecil menengah (UMKM) berbasis olahan ikan laut, meningkatkan pendapatan keluarga nelayan, dan menciptakan kemandirian ekonomi di kawasan pesisir. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknis peserta, serta munculnya inisiatif pembentukan kelompok usaha mikro berbasis olahan ikan. Fillet beku dinilai mampu menjawab tantangan pascapanen dan membuka peluang pasar baru, baik konvensional maupun digital. Kegiatan ini menjadi strategi pemberdayaan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JHP2M

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...