Journal of Chemistry Education and Integration
Vol 4, No 2 (2025): Journal of Chemistry Education and Integration

PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS GREEN CHEMISTRY DENGAN BANTUAN GOOGLE SITES PADA MATERI LAJU REAKSI

Yusbarina, Yusbarina (Unknown)
Lestari, Mauditha (Unknown)
Afrianis, Neti (Unknown)
Refelita, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2025

Abstract

Materi laju reaksi merupakan salah satu materi yang membutuhkan praktikum dalam memahami konsepnya. Namun ketersediaan bahan baku yang minim dan expired menjadi masalah dalam praktiknya. Untuk itu, adanya pengembangan penuntun praktikum elektronik berbasis green chemistry bantuan google sites untuk mempermudah pengembangan kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji validitas dan praktikalitas penuntun praktikum elektronik berbasis green chemistry menggunakan bantuan google sites pada materi laju reaksi yang dikembangkan. Penelitian dilakukan dengan metode pengembangan DDR type 2 yaitu proses desain (design), pengembangan (development) dan evaluasi (evaluation) dengan berfokus proses teknik dan desain menjadi sebuah pengembangan baru. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert dengan temuan hasil validitas dari ahli media dan ahli materi memperoleh persentase 80% dan 78% dengan kategori valid. Kemudian uji praktikalitas oleh guru mata pelajaran kimia memperoleh persentase 81% dengan kategori sangat praktis dan uji respon dari peserta didik memperoleh persentase 86% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji validitas, uji praktikalitas dan uji respon, disimpulkan bahwa media pembelajaran penuntun praktikum elektronik berbasis green chemistry dengan bantuan google sites pada materi laju reaksi yaitu layak dan sangat praktis digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran praktikum laju reaksiKeywords : Penuntun Praktikum Elektronik, Kimia Hijau, DDR, Laju Reaksi, Google Sites

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JCEI

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory ...