Journal of Chemistry Education and Integration
Vol 4, No 2 (2025): Journal of Chemistry Education and Integration

ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONSEP MOL FASE F

Amanda, Refni Juwita (Unknown)
Yerimadesi, Yerimadesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar peserta didik pada materi konsep mol dan menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu peserta didik fase F2 kelas XI SMAN 12 Padang pada semester Juli-Desember 2024. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, angket dan wawancara. Data yang didapatkan dari analisis hasil belajar peserta didik pada materi konsep mol didapatkan sebesar 38,2% peserta didik belum mencapai KKTP di mana terdapat beberapa tujuan pembelajaran yang belum dicapai oleh peserta didik yaitu menentukan hubungan antara mol, jumlah, partikel, massa molar dan volume molar. Selanjutnya pada tujuan pembelajaran menentukan konsep mol dalam menentukan rumus kimia, serta menentukan pereaksi pembatas pada sebuah reaksi. Untuk penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, namun faktor eksternal lebih mendominasi dalam menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JCEI

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory ...