Kemampuan menulis merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar sebagai fondasi untuk kesuksesan akademik di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis permulaan siswa kelas satu SD Negeri x Indralaya dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis mereka. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan sampel 18 siswa. Instrumen penelitian meliputi tes keterampilan menulis yang melibatkan kegiatan seperti menghubungkan garis, menjiplak pola, mencoret-coret bebas, menyalin huruf, dan menulis melalui dikte. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam keterampilan menulis dasar, seperti mempertahankan tulisan tangan yang rapi, membentuk huruf dengan benar, dan secara akurat mengikuti instruksi dikte. Beberapa faktor yang berkontribusi diidentifikasi, termasuk kurangnya fokus selama pembelajaran, lemahnya penguasaan alfabet, dan terbatasnya keterampilan motorik halus. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk mengembangkan strategi pengajaran menulis yang lebih efektif dan sesuai dengan perkembangan siswa kelas awal, untuk meningkatkan hasil belajar mereka dalam jangka panjang.
Copyrights © 2025