Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 15 No. 3 (2025)

GAMIFIKASI MEDIA DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MPK BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA: MEDIA GAMIFICATION AND LEARNING EVALUATION IN INDONESIAN MPK COURSES AT UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Wirahyuni, Kadek (Unknown)
Putrayasa, Ida Bagus (Unknown)
Rasna, I Wayan (Unknown)
Suandi, I Nengah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran gamifikasi sebagai medium instruksional dan instrumen evaluasi pada mata kuliah Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Bahasa Indonesia di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), menggunakan metode deskriptif analitis berlandaskan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap mahasiswa MPK Bahasa Indonesia di lokasi penelitian. Hasil studi mengidentifikasi penggunaan beragam aplikasi gamifikasi, seperti Nearpod, Web Interacty, dan Puprose Games terbukti meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Secara kuantitatif, implementasi gamifikasi berhasil mendongkrak rata-rata nilai mahasiswa secara signifikan, yaitu dari 8,0 menjadi 9,5. Selain itu, secara afektif, penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut berkontribusi positif dalam meningkatkan sikap positif dan keterlibatan mahasiswa terhadap materi Bahasa Indonesia di Undiksha.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...