Keterampilan literasi merupakan fondasi penting dalam pendidikan dasar, tetapi hasil penelitian di SD Negeri 054901 Sidomulyo menunjukkan bahwa siswa kelas V masih mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan, menyimpulkan informasi, dan menjawab pertanyaan teks. Minat baca yang rendah dan penggunaan metode konvensional merupakan salah satu penyebab lemahnya literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik berbasis literasi dan menguji efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen pretes-postes control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik meningkatkan keterampilan literasi siswa secara signifikan. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan skor literasi sebesar 22,75 poin, jauh lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Komik yang dikembangkan menggabungkan ilustrasi dan narasi kontekstual untuk mendorong minat baca, pemahaman bacaan, dan partisipasi aktif siswa. Disarankan agar guru menggunakan media komik sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran literasi dan menerima pelatihan dalam mengembangkan media cerita visual yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
Copyrights © 2025