Penelitian ini berfokus pada penerapan metode pembelajaran berbasis teknologi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Trensains Jombang. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan (1) implementasi, (2) faktor pendukung dan penghambat, serta (3) efektivitas penggunaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan subjek penelitian yaitu guru PAI dan siswa kelas XI, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran berbasis teknologi diimplementasikan melalui penggunaan media seperti video, Canva, Quizizz, dan Google Form. Media ini membuat pembelajaran lebih interaktif, kontekstual, dan menarik, serta sesuai dengan gaya belajar siswa yang beragam, (2) faktor pendukung penerapan meliputi fasilitas laboratorium komputer, akses internet, antusiasme siswa terhadap teknologi, dan kolaborasi guru melalui forum MGMP. Sementara itu, hambatan yang ditemukan adalah keterbatasan perangkat, gangguan jaringan, serta perlunya pengawasan intensif agar siswa tetap fokus, (3) secara keseluruhan, pembelajaran berbasis teknologi di SMA Trensains Jombang efektif meningkatkan partisipasi, motivasi, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, penerapan ini menjadikan pembelajaran lebih hidup, relevan, serta aplikatif, terutama dalam memperdalam nilai-nilai keislaman yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025