Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol. 1 No. 3 (2025): JULI-SEPTEMBER

Analisis Budaya Pemberian Tip dari Persepsi Tamu kepada Karyawan di F&B Service Best Western The Lagoon Hotel Manado

Topas Raihan Bachdar (Unknown)
Youdy J.H Gumolili (Unknown)
Frans V. Rattu (Unknown)
Jeanlly A. Solang (Unknown)
Alma K. Pongtuluran (Unknown)
Margresye D. Rompas (Unknown)
Benny Irwan Towoliu (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis budaya pemberian tip dari sudut pandang tamu kepada karyawan Food & Beverage (F&B) Service di Best Western The Lagoon Hotel Manado. Tip merupakan bentuk apresiasi sukarela atas pelayanan memuaskan. Meskipun tidak wajib, budaya memberi tip telah menjadi praktik umum dalam interaksi perhotelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tamu terhadap pemberian tip dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, sikap karyawan, dan kebiasaan pribadi. Mayoritas tamu memberikan tip sebagai bentuk penghargaan atas pelayanan yang ramah, cepat, dan profesional. Bagi karyawan, tip menjadi motivasi tambahan dan pengakuan kinerja, meskipun berpotensi menimbulkan ketergantungan dan ketidakadilan. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih mendalam tentang dinamika budaya tip serta masukan bagi manajemen sumber daya manusia di industri hospitality.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jisoh

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang diterbitkan oleh Indo Publishing menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah dari Dosen, Peneliti, Praktisi dan Mahasiswa dengan fokus dan ruang lingkup terdiri dari; ILMU SOSIAL (Sosiologi, Antropologi, Ilmu ekonomi, Sejarah, Ilmu politik, Ilmu ...