RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 11, No 2 (2025)

PUBLIC FIGURE SEBAGAI PENGGERAK: MENINGKATKAN PARTISIPASI DALAM PELATIHAN DEEP LEARNING UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN KESETARAAN

Fahmi, Rahmat (Unknown)
Saepudin, Asep (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sardin, Sardin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nofriansyah, Nofriansyah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Pendidikan memainkan peran penting dalam perkembangan individu dan masyarakat, dan kemajuan teknologi seperti Deep Learning (DL) memberikan peluang besar untuk meningkatkan pengalaman belajar. Namun, penerapan DL dalam pendidikan anak usia dini dan pendidikan kesetaraan sering menghadapi tantangan, terutama terkait dengan rendahnya partisipasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh public figure, Sahrul Gunawan, dalam meningkatkan antusiasme dan partisipasi peserta pelatihan berbasis Deep Learning untuk pendidikan anak usia dini dan pendidikan kesetaraan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi langsung kepada peserta pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran Sahrul Gunawan sebagai public figure dalam pelatihan ini berhasil meningkatkan partisipasi dan antusiasme peserta. Hal ini menunjukkan bahwa model pelatihan berbasis public figure dapat menjadi strategi efektif dalam mendorong tujuan dari pelatihan.Kesimpulannya, keterlibatan public figure dapat menjadi faktor kunci dalam meningkatkan motivasi peserta dan mempercepat penerimaan teknologi baru, menjadikannya model yang potensial untuk diterapkan dalam pelatihan berbasis teknologi di sektor pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...