RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 11, No 2 (2025)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Susanti, Irma (Unknown)
Amaliyah, Nurrohmatul (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Irdalisa, Irdalisa (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana penggunaan Quizizz sebagai alat pembelajaran dan aktivitas yang terlibat dalam proses pembelajaran dapat memengaruhi kemampuan siswa dalam berpikir kritis materi perubahan energi kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan data, di Kelas yang menggunakan Quizizz untuk belajar memperoleh rata-rata nilai 84,27, yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan Kahoot, yang memperoleh rata-rata nilai 82,31. Siswa yang sangat aktif dalam belajar memperoleh rata-rata nilai 90,0, yang lebih tinggi daripada siswa yang kurang aktif, yang memperoleh rata-rata nilai 78,30. Meskipun hasil ini menunjukkan kecenderungan bahwa media pembelajaran quizizz dan keaktifan belajar dapat mempengaruhi Keterampilan berpikir kritis, menurut analisis statistik, menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz sebagai alat pembelajaran dapat memengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa. Namun, tingkat aktivitas pembelajaran tidak memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran Quizizz tampaknya mempengaruhi keterampilan berpikir kritis, sementara jumlah aktivitas belajar tidak. Namun, terdapat hubungan antara penggunaan Quizizz dan tingkat aktivitas belajar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas empat yang mempelajari perubahan energi di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...