Science Contribution to Society Journal
Vol 5 No 1 (2025): July, Science Contribution to Society Journal

Penguatan Pembelajaran Anak Migran Melalui Pengembangan Modul Ajar BSE di PKBM PNF Kuala Lumpur

Afidah, Layyinatul Afidah (Unknown)
Wijayanti, Berly (Unknown)
Maisyaroh, Irma (Unknown)
Azzudy, Saifuddin (Unknown)
Mahsun, Moch (Unknown)
Idris, Haidar (Unknown)
A'yun, Qurroti (Unknown)
Zahro, Aminatuz (Unknown)
Darwis, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk memperkuat pembelajaran anak-anak migran Indonesia yang bersekolah di PKBM PNF KBRI Kuala Lumpur. Selama ini, modul ajar berbasis Buku Sekolah Elektronik (BSE) hanya digunakan guru sebagai pegangan mengajar sehingga siswa kurang terlibat dalam belajar mandiri. Melalui kegiatan ini, pengabdi memperkenalkan pemanfaatan modul ajar BSE yang dapat diakses langsung oleh peserta didik. Metode pelaksanaan dilakukan dengan pendampingan belajar, observasi dalam kegiatan pembelajaran, pengembangan materi ajar, serta wawancara dengan guru dan siswa untuk menggali kebutuhan belajar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa merasa lebih terbantu karena dapat belajar secara mandiri, sedangkan guru merasakan proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Dampak yang terlihat adalah meningkatnya keterlibatan peserta didik di luar kelas serta terjalinnya kolaborasi antara institusi pendidikan dan komunitas migran dalam memperluas akses sumber belajar.

Copyrights © 2025