eProceedings of Management
Vol. 12 No. 4 (2025): Agustus 2025

Model Integratif E-Customer Experience Engagement Sebagai Mediasi Dalam Meningkatkan E-Customer Satisfaction Pengguna Learning Management System

Fahreza, Ahmad (Unknown)
Hartanto, Prasetyo (Unknown)
Brilyan Relo Pambudi Agus Putra, Affriza (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model integratif yang mengkaji peran e-customer experience engagement sebagai variabel mediasi dalam meningkatkan kepuasan pengguna (e-customer satisfaction) pada platform Learning Management System (LMS) AGAVI Institute. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan sampel yang direncanakan berjumlah 181 responden. Variabel utama yang diteliti meliputi e-service quality, website quality, dan perceived usefulness sebagai prediktor utama dalam memengaruhi kepuasan pengguna melalui keterlibatan pengalaman pelanggan. Pengujian data akan dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS untuk analisis validitas dan reliabilitas, serta metode Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk analisis data verifikatif. Model penelitian ini dirancang untuk memahami hubungan simultan antara e-service quality, website quality, dan perceived usefulness terhadap e-customer experience engagement dan e-customer satisfaction. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoretis melalui pengembangan model yang relevan dalam konteks teknologi pendidikan (ed-tech). Secara praktis, hasil penelitian dapat memberikan wawasan kepada pengelola LMS tentang pentingnya peningkatan kualitas layanan dan pengalaman pengguna untuk mendorong kepuasan yang berkelanjutan. Hal ini juga diharapkan dapat menjadi panduan strategis bagi pengelola platform LMS dalam bersaing di era digital.Kata Kunci- e-service quality, website quality, e-customer experience engagement, perceived usefulness, e-customer satisfaction.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...