JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Media Corong Berhitung pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah untuk Siswa Kelas III SDN 32 Cakranegara

Marthaleza, Siska (Unknown)
Arjudin, Arjudin (Unknown)
Rachmatul Hidayati, Vivi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Kurangnya penggunaan media yang inovatif membuat peserta didik pasif saat pembelajaran operasi hitung bilangan cacah. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam memahami materi. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media corong berhitung yang valid, praktis dan efektif serta mendeskripsikan pengembangan media corong berhitung pada materi operasi hitung bilangan cacah untuk siswa kelas III SDN 32 Cakranegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 32 Cakranegara. Sedangkan, objek penelitian adalah media corong berhitung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan media sangat valid dengan persentase 92,11% dari ahli materi dan 98,53% dari ahli media. Kepraktisan media memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 98,53% berdasarkan respon guru. Efektivitas media tergolong tinggi, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,83 pada kelompok kecil dan 0,78 pada kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut, media corong berhitung dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...