Journal of Educational Review and Research
Vol 8, No 1 (2025): VOLUME 8 NUMBER 1 (2025)

DAMPAK PENJAJAHAN JEPANG DALAM BIDANG SOSIAL - BUDAYA DI INDONESIA 1942-1945

Titania, Tiara - (Unknown)
Irwansyah, Yadri (Unknown)
Wulansari, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Dampak Penjajahan Jepang dalam Bidang Sosial Budaya di Indonesia 1942-1945. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian sejarah ( Historis ). Langkah-langkah yang digunakan antara lain: Heuristik , Kritik sumber, Interpretasi , dan Historiografi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam bidang sosial, penjajahan Jepang memberikan dampak yang mendalam. Praktik romusha (kerja paksa) menyebabkan penderitaan fisik dan mental yang meluas di kalangan rakyat Indonesia, sementara fenomena jugun ianfu  (wanita penghibur paksa) menimbulkan trauma psikologis dan sosial yang berkepanjangan bagi para korbannya. Di sektor pendidikan, meskipun Jepang memperkenalkan beberapa sistem baru, tujuan lebih lanjut condong pada indoktrinasi dan mobilisasi massa untuk mendukung kepentingan perang mereka, yang pada gilirannya turut membentuk karakter generasi muda saat itu. Dalam bidang budaya, Jepang berusaha mengikis identitas lokal dan menanamkan nilai-nilai Jepang. Dan Praktik seikeire (penghormatan kepada Kaisar Jepang) dipaksakan sebagai bentuk loyalitas. Namun, di sisi lain, periode ini juga secara tidak langsung memicu perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan yang semakin kuat, sekaligus memperkenalkan sejumlah pemahaman dan konsep dari bahasa Jepang yang masih digunakan hingga kini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun singkat, penduduk Jepang meninggalkan warisan kompleks yang membentuk dinamika sosial dan budaya Indonesia pascakemerdekaan. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...