Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 11 No. 3 (2025)

Analisis Pendekatan dan Metode Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka

Amelia Khoirunisa (Unknown)
Dinda Kenanga Larasati (Unknown)
Nirena Zahra Melia S. (Unknown)
Wiwin Luqna Hunaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2025

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang analisis pendekatan dan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam konteks Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka Belajar, yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim, bertujuan untuk mengembangkan potensi dan minat siswa, memberikan kebebasan dalam memilih minat belajar, mengurangi beban akademik, dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literatur review. Hasil dari pembahasan ini adalah pendekatan saintifik dan inkuiri dalam pembelajaran PAI menjadi fokus utama, dengan penekanan pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan sistematis siswa. Pembelajaran PAI juga didorong untuk berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan. Melalui Kurikulum Merdeka, diharapkan pendidikan agama Islam dapat memainkan peran penting dalam membentuk karakter siswa dan meningkatkan relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...