Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Self-Management dan Emotional Intelligent untuk Adaptability Career Siswa SMK Teknik Pemesinan

Firdausia, Fadliyanti (Unknown)
Yoto, Yoto (Unknown)
Marsono, Marsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis hubungan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan peningkatan self-management dan emotional intelligence dalam mendukung career adaptability siswa SMK Teknik Pemesinan, yang penting untuk menghadapi tuntutan industri 4.0. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan model PICOT, berdasarkan 1.050 artikel teridentifikasi (2015–2020), 150 artikel terpilih, dan 25 artikel relevan dianalisis. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi efektif meningkatkan keterampilan manajemen diri (perencanaan, pengaturan waktu, pengambilan keputusan) dan kecerdasan emosional (regulasi emosi, empati, kolaborasi). Penelitian ini menegaskan perlunya pelatihan guru untuk mengoptimalkan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam pendidikan vokasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...