Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Kreativitas Siswa serta untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan kreativitas siswa pada seni mozaik berbasis budaya lokal melalui model pembelajaran PAIKEM di kelas V SD Negeri 104212 Marindal II. Sampel penelitian terdiri dari kurang 30 siswa kelas V SDN 104212 Marindal II, Populasi penelitian berjumlah 27 siswa, Perempuan berjumlah 16 siswa laki-laki berjumlah 11 siswa. Jenis penelitian yang digunakan Kuantitatif , penelitian yang menggunakan metode tersebut untuk mempelajari populasi atau sampel tertentu. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 104212 Marindal II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Observasi Langsung 2) Angket dengan skala Likert 3) Tes Hasil Kerajinan Mozaik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan kreativitas siswa pada kerajinan mozaik berbasis budaya local di kelas V SD Negeri 104212 Marindal II. Peningkatan kreativitas siswa dari pengisian Angket, hasil karya seni mozaik siswa dan dari perolehan hasil Pre-Angket dan Post-Angket pada sebelum penggunaan model pembelajaran PAIKEM yaitu hasil Pre-Angket sebesar 39,3% dan hasil Post-Angket sebesar 89,7%. Hal ini membuktikan terjadinya peningkatan kreativitas siswa dari sebelum penggunaan model pembelajaran PAIKEM dan sesudah penggunaan model pembelajaran PAIKEM.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025