Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan tradisional engklek terhadap keterampilan gerak lompat jauh siswa kelas V di SDN 104207 Cinta Damai pada T.A 2024/2025. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa, yaitu 12 siswa dari kelas V-A dan 8 siswa dari kelas V-B, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Penelitian dimulai dengan pre-test lompat jauh tanpa awalan, diikuti dengan pemberian perlakuan berupa permainan engklek yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan, dan diakhiri dengan posttest lompat jauh tanpa awalan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan lompat jauh siswa setelah diberikan perlakuan. Rata-rata hasil pre-test adalah 125,3 cm, sementara rata-rata hasil post-test meningkat menjadi 137,8 cm. Analisis uji t menunjukkan bahwa thitung < ttabel (−0,4107 < 2,093), sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional engklek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan gerak lompat jauh siswa kelas V SDN 104207 Cinta Damai. Penelitian ini menunjukkan pentingnya pengintegrasian permainan tradisional dalam pembelajaran fisik untuk meningkatkan keterampilan motorik siswa
Copyrights © 2025