Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui validitas kelayakan produk, efektivitas dan praktikalitas media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Web2apk Builder Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Di Kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah. Populasi penelitian yakni 19 siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan di SDN 107400 Bandar Khalipah. Sampel penelitian yakni siswa kelas V semester genap T.A 2024/2025 di SDN 107400 Bandar Khalipah. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni lembar wawancara, angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian yang didapatkan antara lain: (1) Hasil persentase validasi produk oleh validator secara keseluruhan adalah 87% dan termasuk sangat sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran; (2) Hasil penilaian praktikalitas dari guru kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah diperoleh nilai total dengan persentase 85% termasuk dalam kategori sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran; dan (3) Skor N-Gain (g) berjumlah 0,57 yang berada dalam batas 0,3 ≤ g ≤ 0,7 dengan keterangan kriteria “Sedang (Efektif)” sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa sarana pembelajaran yang berbasis aplikasi Web2apk Builder efektif dan efisien diterapkan pada waktu pembelajaran. Kesimpulan dalam kajian dan pengembangan ini melahirkan sebuah produk yang berupa sumber belajar berbasis aplikasi Web2apk Builder terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang sesuai, aplikatif dan efisien digunakan pada waktu pembelajaran.
Copyrights © 2025