Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN 68 PALEMBANG

Hasibuan, Nadilla Salwani (Unknown)
Wahidy, Achmad (Unknown)
Lanos, Muhsana EL Cintami (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 di SDN 68 Palembang. Masalah yang diangkat adalah rendahnya kemampuan membaca pada siswa di tingkat awal sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Group Design. Populasi terdiri pada penelitian ini kelas 1A, 1B, 1C sebanyak 60 siswa. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih melalui cluster random sampling, yaitu satu kelas eksperimen (20 siswa) dan satu kelas kontrol (20 siswa). Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode bernyanyi, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa soal posttest. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 80,00, sedangkan kelas kontrol 49,25. Analisis data menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi efektif terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1. Metode ini dapat diterapkan sebagai strategi pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik siswa.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...