Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 14 No. 2 (2025): September 2025

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Swasta Kristen Tomosa I Gido

Halawa, Seprianus (Unknown)
Toroziduhu Waruwu (Unknown)
Hardikupatu Gulo (Unknown)
Yaredi Waruwu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Swasta Kristen Tomosa I Gido Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Swasta Kristen Tomosa I Gido. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis Pre-Experimental Design, tepatnya dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Data diperoleh melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik paired sample t-test dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig. 2-tailed < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model PBL terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, Ha diterima Ho ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Oleh karena itu, model pembelajaran ini direkomendasikan untuk digunakan sebagai alternatif pendekatan dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...