Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self esteem sebelu dan sesudah di berikan layanan konseling kelompok dengan teknik self instruction serta menguji efektivitas layanan tersebut dalam meningkatkan self esteem siswa kelas VIII SMP Madani Palu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control grub desain. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa yang dipilih berdasarkan hasil angket dengan Teknik purposive sampling, kemudian di bagi kedalam dua kelompok eksperimen dan kontro. Instrument penelitian ini menggunakan skala self esteem yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Hasil pennelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan setelah diberikan layanan pada kelompok eksperimen sebelum diberikan layanan mayoritas peserta didik berada pada kategori cukup tinggi (90%) dan tinggi (10%) sedangkan setelah diberikan perlakuan meningkat ke kategori tinggi (90%) dan saangat tinggi (10%). Uji t menunjukkan nilai p-value < 0.05 (0,000) dan t-hitung > t-tabel (9,287 > 1,729), sehingga H? ditolak. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa konseling kelompok Teknik self instruction efektif dalam meningkatkan self esteem siswa.
Copyrights © 2025