Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 4 (2024): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Pendekatan Partisipatif KKN dalam Memperkuat Moderasi Beragama melalui Dialog Antaragama di Desa Simpang Siguragura

Suhairi, Suhairi (Unknown)
Marpaung, Fitri Nadilla (Unknown)
Kahar, Muhammad Hazil Ali (Unknown)
Farhan, Mh (Unknown)
Zahra, Putri (Unknown)
Yulistia, Sinar Hafif (Unknown)
Alyanisa, Fahriza (Unknown)
Hafiza, Nur (Unknown)
Ahmadi, Fikri (Unknown)
Maulana, Choirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2025

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Simpang Siguragura dilaksanakan selama satu bulan dengan tujuan memperkuat moderasi beragama melalui pendekatan partisipatif. Program ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melibatkan masyarakat secara langsung dalam setiap tahapan. Tiga kegiatan utama yang dijalankan meliputi dialog religius melalui Focus Group Discussion (FGD), gotong royong lintas agama dengan metode participatory action, serta audiensi ke Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) melalui wawancara dan observasi partisipatif. Evaluasi program dilakukan melalui observasi, wawancara, FGD, dan kuesioner kepada warga untuk menilai pemahaman, penerimaan, serta dampak kegiatan, sekaligus menjadi dasar perbaikan dan keberlanjutan program. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa dialog religius membuka ruang komunikasi yang inklusif antarumat beragama, gotong royong memperkuat solidaritas sosial dan mengikis sekat identitas, sedangkan audiensi ke FKUB memberikan legitimasi kelembagaan serta strategi praktis yang dapat diadaptasi di tingkat lokal. Keseluruhan kegiatan membuktikan bahwa sinergi komunikasi terbuka, aksi sosial bersama, dan dukungan kelembagaan merupakan kunci keberhasilan dalam mewujudkan kerukunan antarumat beragama di masyarakat desa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ba-jpm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat terdaftar dengan e-ISSN: 2797-9423 dan p-ISSN: 2797-9407 menerbitkan artikel dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat maupun metode pengabdian yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan dapat diterapkan dalam mengembangkan dan membantu dosen, guru, ...