JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan)
Vol 10 No 2 (2025): Juli

Analisis Tingkat Validitas Media Prezi Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas VI SD

Rosyida, Jihan Amalya (Unknown)
Agustin, Ina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN 1 Babat yang memperlihatkan rata-rata nilai pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila berada di bawah kriteria ketuntasan minimal, dimana hal tersebut dinyatakan dalam kategori rendah. Sebagian besar mengalami kesulitan memahami materi karena penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menguji serta menganalisis tingkat validitas media pembelajaran Prezi berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memakai jenis penlitian serta pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (Four D) yakni, define, design, development, dan disseminate, yang melibatkan beberapa para pakar atau ahli dalam media, materi, dan bahasa untuk meninjau, memberi masukan, dan menilai media. Instrumen yang dibutuhkan pada penelitian ini ialah lembar angket penilaian validasi para ahli. Berdasarkan hasil analisis data yang diraih dari semua validator, setiap ahli memberikan penilaian dengan persentase skor di atas 81%. Rata-rata total dari penilaian tersebut mencapai angka 92,3%. Jika mengacu pada kriteria interpretasi validitas, skor tersebut tergolong pada kategori “sangat valid” serta layak untuk dipakai pada pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraaan (JPK) The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of Pancasila and Civics Education, will publish the journal twice a year: in January and ...