Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman peserta program matrikulasi bagi calon mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) pada beberapa aspek/materi dasar, yakni: numerasi, literasi, logika berpikir, pendidikan rohani, pendidikan karakter, pendidikan jasmani, pendidikan TIK, dan persekutuan doa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman yang cukup baik dalam materi pendidikan rohani, pendidikan karakter, dan persekutuan doa, meskipun mereka menunjukkan hasil yang lebih rendah dalam bidang numerasi dan literasi, yang kemungkinan disebabkan oleh keterbatasan akses pendidikan di daerah asal mereka. Selain itu, pada materi logika berpikir, ditemukan adanya kesulitan dalam penerapan penalaran logis akibat kurangnya pengalaman dengan latihan soal yang menantang. Pada pendidikan jasmani dan olahraga serta pendidikan TIK, peserta menunjukkan hasil yang bervariasi, dengan beberapa peserta mengalami kesulitan dalam mengakses teknologi yang dibutuhkan untuk pembelajaran. Kesimpulannya, program matrikulasi perlu disesuaikan dengan kondisi peserta untuk memperbaiki pemahaman dalam bidang numerasi dan literasi serta memberikan lebih banyak kesempatan untuk pengembangan kemampuan logika berpikir dan TIK. Pendekatan berbasis konteks dan perhatian terhadap keberagaman latar belakang peserta sangat penting untuk memastikan keberhasilan matrikulasi dalam mempersiapkan mahasiswa baru di UNPAR.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025