JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Vol. 13 No. 2 (2025): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengaruh Metode Eskperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa

Lutfiani, Fani (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)
Mansyur, Jusman (Unknown)
Ratnaningtyas, Delthawati Isti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bolano. Jenis penelitian ini menggunakan desain non-equivalen control grup. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan 38 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen yang diberi pembelajaran dengan metode eksperimen dan 38 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol yang hanya menggunakan metode ceramah. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis dan uji dampak (effect size). Hasil pengujian hipotesis bahwa nilai thitung = 5,35 > ttabel = 1,99 atau H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan nilai effect size sebesar 1,17, hasil ini termasuk dalam kategori efek besar. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bolano.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpft

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

The Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online is a peer-reviewed journal published three times a year (April, August, and December) by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tadulako. The journal serves as a communication platform for researchers, ...