IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 5, No 1 (2025): IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat

Pelatihan Penyusunan Program Latihan Cabang Olahraga Terukur Berbasis IPTEK Untuk Meningkatkan Kompetensi Pelatih Olahraga KONI Kabupaten Nganjuk

Utami, Tri Setyo (Unknown)
Hafidz, Abdul (Unknown)
Sidik, Rizky Muhammad (Unknown)
Daulay, Dio Alif Airlangga (Unknown)
Jatmikanto, Riski Septa (Unknown)
Pambudi, Nafisa Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Prestasi olahraga dipengaruhi oleh karakteristik cabang olahraga, kemampuan biomotor, teknik, taktik, dan mental, sehingga untuk mengoptimalkan performa atlet diperlukan strategi perencanaan program latihan yang terstruktur, progresif, dan berbasis ilmu pengetahuan serta teknologi, di mana pelatih berperan merancang program latihan cabang olahraga terukur sesuai kebutuhan fisik, jarak, energi, dan tujuan pertandingan, agar mampu meningkatkan kemampuan fisik, teknik, taktik, dan mental atlet secara berkelanjutan, sekaligus meminimalisir risiko cedera, dan karena masih banyak pelatih KONI Kabupaten Nganjuk yang menggunakan metode konvensional berdasarkan pengalaman tanpa pendekatan ilmiah, maka pelatihan penyusunan program latihan berbasis IPTEK perlu diselenggarakan guna meningkatkan kompetensi pelatih dalam merancang program latihan terstruktur untuk mendukung prestasi atlet.Kata Kunci: Program latihan, Periodisasi, cabang olahraga terukur, IPTEK olahraga

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IPTEK

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...